.

10/18/08

menghemat biaya internet dan praktis

Browsing internet di handphone menggunakan browser seperti Opera Mini, mungkin bukan hal yang baru bagi penggila internet. Namun, berinternet di handphone sering terkendala dengan masalah kenyamanan.

Ukuran handphone yang kecil mengurangi kenikmatan dalam berinternet. Belum lagi bila akan menginput karakter lewat keypad handphone, sungguh kurang nyaman.

Solusinya adalah, browsing di PC atau laptop. Anda tetap bisa menggunakan opera mini untuk browsing. Sehingga, biaya koneksinya bisa ditekan. Bahkan bisa gratis(tapi sayang sudah di tutup oleh indosat).

Langkahnya seperti ini:

  1. Download keempat file berikut di SINI:
    • sjboy-chinesse
    • sjboy-english version
    • plugin
    • Opera Mini 4.1
  2. Instal file sjboy-chinesse di PC atau laptop
  3. Timpa file sjboy.exe yang ada di C:\Program Files\wedomo\sjboy dengan file sjboy yang ada disjboy-english version yang tadi didownload. Hal ini dilakukan supaya, programnya bisa dijalankan dengan bahasa inggris Hingga tahap ini sebernarnya, programnya sudah bisa digunakan untuk menjalankan browser opera mini.

Cara untuk menjalankan browser Opera Mini yang telah didownload sangat mudah. Terlebih dahulu, file opera-mini-4.1.11355-advanced-int.zip hasil download diekstrak. Kemudian, klik klik file opera-mini-4.1.11355-advanced-int.jar. Otomatis, program Java tersebut akan dijalankan melalui sj-boy tadi. Seperti menginstal pertama Opera Mini di handphone, program tersebut akan memintakan koneksi internet untuk set-up, untuk itu, sebaiknya PC/Laptop telah dihubungkan dengan internet via modem handphone.

Tampilan defaultnya adalah tampilan Nokia N70. Tampilan bisa diubah dengan cara, masuk di Tab Tools >>Load Phone Plugin >> folder Plugin pilih ukuran layarnya. Anda bisa pilih ukuran 600×800, sehingga bisa lebih nyaman untuk browsing.

Catatan pula, agar bisa benar-benar berhemat, selama terkoneksi dengan internet, sebaiknya semua program yang menjalankan update via internet dimatikan. Emulator sj-boy tadi juga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi dan game JAVA di PC dan Laptop.




0 komentar:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentar ya...