.

11/5/08

Cara Saya Membuat Favicon




Favicon adalah gambar atau icon yang muncul di adressbar saat kamu mengunjungi suatu halaman wbsite atau blog. Saya udah pake lho!! Nah, sekarang saya akan bahas mengenai cara membuat favicon dengan mudah.
Nah inilah yang disebut favicon... alias blog icon,



alias url icon, alias address bar icon, alias site icon dsb!!!
Image

Pernah mikir untuk mengganti favicon blogspot kamu yang berbentuk huruf B jelek dan tidak mengenyangkan ituh??? haah?? jangan banyak protes... ikuti saja tutorialnya sebagai berikut...

1. Bikin dulu favicon kamu. bisa bikin disini untuk favicon bermodel statis, atau disini untuk animated and gif based favicon.. pilih mana suka.. kalo udah jadi, download dan simpan dulu baik-baik... jangan dibuang atau dijual...

2. Upload Iconmu ke tempat penampungan... (kalo saya gak pake upload2an. Cuma cari gambar di google, klik kanan gambar, salin alamat gambar/tautan. Icon mangekyou di adressbar bukan format .ico lho.. Tapi kalo kamu masih ngotot pingin pake icon dari komputermu, kamu bisa pake fasilitas upload googlepages.)

3. Buka account blogger kamu. Masuk ke Dashboard> Layout> Edit HTML.

4. Cari tag berikut  <title><data:blog.pageTitle/></title>

5. Tambahkan script ini setelahnya  
<link rel="shortcut icon" href="URL Iconmu yang tadi"/> 
 tapi ingat untuk mengganti kalimat yang dimerahin dengan URL Iconmu yang kertasnya kamu simpan dalam saku tadi.
contoh : http://supirbemogantengsekali.googlepages.com/favicon.ico

6. Save Template dan selesai!!! coba lihat blogmu sekarang... toteotetetetot... blom muncul??? Coba lakukan Hard-Refresh (ctrl+F5).... masih belum muncul?? Gak tau deh. Tapi pasti kamu punya kesalahan, buktinya blog saya aja bisa. :salam: