.

10/30/08

Archview: Membuka File ZIP atau RAR Sebelum Mendownload


ArchViewFormat-format file .seperti .zip atau .rar merupakan format arsip file yang populer dalam pendistribusian file melalui internet. Beberapa atau bahkan banyak file dikemas menjadi satu file sehingga ringkas dan mudah untuk didownload disamping ukuran file keseluruhannya pun menjadi lebih kecil.

Terkait dengan aktivitas mendownload file archive ini, mungkin di antara Anda pernah terpikir untuk mengetahui isi file zip atau rar tersebut tanpa perlu mendownloadnya lebih dahulu


. Atau bahkan mungkin pernah terpikir ingin mendownload salah satu file saja yang ada di dalamnya, jadi tidak perlu mendownload satu file berukuran besar padahal yang diperlukan hanya satu atau beberapa file berukuran kecil. Bagi pengguna browser Mozilla Firefox, beruntunglah Anda dengan adanya add-on untuk Firefox bernama ArchView yang akan membantu memenuhi maksud tersebut.

ArchView merupakan add-on untuk Mozilla Firefox yang dapat digunakan untuk melihat isi file-file archive berformat .zip, .rar, dan .iso sebelum mendownloadnya, dan dengan begitu Anda dapat memastikan bahwa arsip file tersebut memang yang Anda perlukan untuk didowload. Dan jika memang Anda hanya memerlukan satu atau beberapa file saja yang ada di dalamnya, ArchView pun dapat digunakan untuk maksud tersebut, mendownload file yang diperlukan saja tanpa file archive beserta seluruh isinya.

ArchView - View Contents

Setelah Anda menginstall ArchView pada Firefox sebagai extension, ketika membuka link berupa file zip, rar, maupun iso maka ArchView akan menanganinya dengan membukakan isi arsip file tersebut layaknya ketika membuka file berformat tersebut dengan software pembuka archive seperti 7-Zip atau Winzip. Berbagai informasi file-file di dalamnya seperti ukuran tanggal modifikasi, dan path dapat Anda baca di sini.

Ketika Anda memang ingin mendownloadnya sebagai satu file archive beserta seluruh isinya, maka Anda dapat melakukannya dengan memilih menu File – Save Archive. Jika hanya satu atau beberapa file saja yang ada di dalamnya yang ingin Anda download, yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih file tersebut kemudian pilih menu File –Save. Untuk beberapa format file yang dapat ditampilkan pada browser seperti file teks, double click pada file akan membukanya (yang juga dapat dilakukan melalui menu File –Open). Melalui menu File – Export List, Anda pun dapat menyimpan daftar file-file yang ada di dalamnnya sebagai file html.

Saat ini, ArchView baru sebatas dapat menangani file archive .zip, .rar, dan .iso, dan ada kemungkinan ke depannya akan dapat menangani jenis arsip file lainnya seperti .7z (7-zip). Terkait dengan penanganan fomat file yang telah didukung, Anda dapat menentukan apakan semua akan ditangani oleh ArchView atau sebatas satu atau dua di antaranya saja melalui menu Setting.

Jadi,  bagi Anda yang biasa mendownload file zip, rar, atau iso dan ingin mengambil manfaat yang dapat diberikan oleh Archview, segera saja mendownload dan menginstallnya.

– Download ArchView di Firefox Add-ons


sumber: maseko




0 komentar:

Post a Comment

Jangan Lupa Komentar ya...