.

10/5/08

tips SEO paling beda

kali ini saya akan sajikan tip seo paling mudah yang pernah kutemukan. but, meskipun saya gak berhasil tapi gak ada salahnya kan dibagi.


Artikel sejenis ini sebenarnya sudah banyak dibahas di website atau blog lain, tetapi saya akan tetap berbagi cerita berupa tips yang saya yakin akan sangat berguna bagi kamu yang baru memulai untuk membuat blog ataupun website serta ingin memberdayakannya agar mendapatkan pengunjung yang banyak. Ada beberapa pendapat yang saya juga mempercayainya bahwa banyaknya pengunjung pada blog atau website kamu akan merupakan sebuah pertanda bahwa kamu sudah cukup berhasil menyampaikan apa yang kamu inginkan kepada banyak orang.

Harap diperhatikan bahwa blog adalah hal yang sangat berbeda dengan website, adalah jumlah konten merupakan hal yang paling utama selain dari pada kualitasnya konten itu sendiri. Kemudian interaksi dan komunikasi dengan blogger lain serta pertukaran link mewarnai kehidupan blog kamu sehari hari.
Optimasi Mesin Pencari

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik dasar untuk mengoptimalkan blog kamu pada mesin pencari di Internet seperti Google, Yahoo, Live Search, Ask dan lain sebagainya. Pada saat kamu telah selesai mempersiapkan kode-kode HTML untuk mendesain blog kamu, menentukan keywords, merangkai tag-tag yang unik dan berkaitan dengan tulisan-tulisanmu bahkan gonta-ganti deskripsi mengenai blog kamu yang paling tepat, maka saatnya untuk mengenalkannya kepada mesin pencari agar lebih dicintai oleh mereka. Sayangnya hal tersebut tidak dapat kamu lakukan sendirinya secara instant karena kamu dapat dipastikan akan membutuhkan tool-tool pembantu serta orang lain yang sangat paham masalah SEO ini bahkan hal-hal lain yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

Untuk dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo maka dibutuhkan oleh adanya interaksi dengan website atau blog lain, atau kata lainnya adalah “relationship” dengan blog lain itu bagaimana hubungannya? baik ataukah tidak baik. Sampai disini kita sudah memasuki sebuah dunia yang namanya membangun hubungan atau relationship tadi atau tautan antar blog-blog yang sudah ada sebelumnya.

Bagaimana selanjutnya? bagaimana cara membuat hal tersebut bisa kamu lakukan? sabar dulu karena tulisan ini masih permulaan dari beberapa tulisan saya nantinya yang akan disusun berseri dengan judul Panduan Lengkap SEO untuk Blog (blom bisa diklik wong blom dibikin). Dibawah ini hanyalah sedikit pendahuluannya seputar apa saja yang nantinya akan kita bahas.
Page Rank (PR)

Apa itu Page Rank atau PR? ini adalah sebuah ranking seperti layaknya urutan dalam sebuah kompetisi yang dalam hal ini adalah kompetisi penempatan sebuah website menjadi yang paling memiliki relasi terdekat dengan apa yang menjadi keyword kamu.

Mesin pencari seperti Google hanya memiliki sebuah tujuan dalam membuat indeks atau urutan pada hasil pencarian mesin carinya atau biasa dikenal dengan istilah Search Engine Result Page (SERP). Gol dari SERP adalah cuma satu yaitu menampilkan hasil pencarian yang paling dekat atau paling memiliki relasi yang paling baik serta relevansinya sangat dekat dengan keyword atau ungkapan yang digunakan saat melakukan pencarian.

Google sebagai mesin pencari populer saat ini adalah pencari yang cukup sehat dan fair dalam melakukan pekerjaannya, maka yang perlu kita lakukan terhadap blog kamu adalah:

1. Mudah ditemukan. Mesin cari akan melakukan scanning secara berkala untuk mencari dan menemukan adanya blog-blog baru dan blog-blog lama yang melakukan update. Pastikan blog kamu akan ambil bagian dari hasl scanning tersebut. Pastikan juga bahwa kamu memilik relasi dengan blog lain yang telah saya singgung sedikit di atas tadi. Walaupun blog-mu belum berhasil di indeks menjadi yang paling utama, namun dengan adanya hubungan dengan blog lain maka kamu secara tidak langsung akan mencicipinya juga.
2. Terhubung dengan blog yang memiliki nilai baik. Maksud dari hal tersebut adalah link menuju blog kamu harus tercantum dalam sebuah atau lebih blog lain yang telah terlebih dahulu memiliki Page Rank yang baik serta pengunjung yang banyak. Dalam hal ini PR akan memainkan peranannya menjadi hal yang sangat vital. Tiap tautan menuju blog kamu yang berada pada sebuah blog yang memiliki PR lebih tinggi maka akan diberikan penilaian yang baik pula untuk PR kamu nantinya.

Cara Lain Membangun Link

Memberitahukan, bercerita atau berteori memang lebih mudah ketimbang melakukannya, ya tentu saja saya juga sangat paham akan hal tersebut. Melakukan pekerjaan implementasi tautan adalah hal yang sangat bagus, namun jangan lupa kekuatan konten dari blog kamu juga akan lebih sulit dikerjakan.

Membangun kekuatan konten dari blog susah-susah gampang, namun jangan berkecil hati dan khawatir karena seiring dengan waktu kamu juga pasti akan bisa melakukannya asalkan serius dan selalu belajar. Sebuah blog yang tidak memiliki banyak konten dan jarang sekali diupdate namun mempunyai materi-materi yang disukai oleh orang lain maka mereka akan dengan senang hati akan membuatkan tautannya sendiri ke arah blog kamu. Bayangkan saja apabila kamu tidak pernah update, bahkan menuliskan isi blog dengan cara copas (copy-paste) dari sumber lain tanpa izin maka bisa dijamin blog kamu akan mati sebelum berkembang.

Beberapa hal signifikan untuk membangun link adalah:

* Konten yang baik dan relevan. Jika isi konten blog kamu cukup baik, maka akan banyak orang yang akan membuatkan referensi tautan dengan sendirinya. Konten yang buruk dan tidak ada relevansinya dengan tema utama tidak akan mendapatkan apa-apa. Apabila kamu ngeblog tentang perangkat keras komputer dan perlengkapannya sebagai tema utama maka fokus sajalah dengan komputer, printer, mouse, agp, monitor dan sejenisnya. Jangan pernah untuk menuliskan makanan, minuman, mobil dan hal-hal yang tidak ada relevansinya. Ini adalah cara termurah untuk mendapatkan link dari blog lain dalam hal membangun link.
* Belilah Link. Semua bisnis dan pekerjaan yang dibicarakan disini sifatnya adalah mengenai jual dan beli. Kamu bisa mengoptimalkannya dengan cara ini, walaupun mahal namun ini adalah cara tercepat untuk menaikkan rating dari blog kamu. Bayangkan apabila website koran Kompas membuatkan tautan ke arah blog kamu.
* Tinggalkan jejak sebanyak mungkin. Ini termasuk cara yang juga murah dan mudah dilakukan, tinggalkan jejak menuju blog kamu pada forum diskusi dan komentar blog lain. Hal ini dikarenakan sifat dari forum diskusi dan blog adalah membolehkan kita untuk meninggalkan url untuk dicantumkan.

Kesimpulan dari semua yang saya sampaikan soal tips ngeblog dan seo ini adalah bagaimana membangun jaringan berupa komunikasi antar blog kamu dan blog lain berupa link yang mengandung keyword ataupun ungkapan yang tercantum didalam konten yang sudah dituliskan. Pastikanlah hal tersebut sudah kamu lakukan untuk tiap-tiap link yang kamu bangun. Dan terakhir jangan lupa pantau terus blog ini untuk dapatkan informasi terbarunya.



sumber: yuditech.com