.

10/30/08

Apa Itu Widgetbucks


WidgetBucks.com adalah bagian dari perusahaan advertising Mpire Online Shopping yang berlokasi di Seattle - United States, didirikan sejak tahun 2005 oleh Greg Harrison yang menjabat sebagai CTO di Mpire dan juga CTO dan VP of Engineering dari Vidiator (bagian dari Hutchison Whampoa Limited) , dimana Mpire di dukung oleh Ignition Partnes serta Richard Rock (yang pernah menjadi eksekutif di eBay dan Paypal). WidgetBucksmenawarkan inovasi contextual ads PPC

(pay per click) mereka MerchSense™ dalam bentuk widgets, dimana mereka membuka peluang kepada pemilik situs (para publisher, affiliates maupun blogger) untuk memperoleh pendapatan yang lebih besar 3 sampai 4 kali lipat dibandingkan perusahaan advertising tradisional online lainnya. Para publisher maupun blogger (atau pemilik situs) akan memperoleh uang ketika seseorang yang berkunjung ke situs anda mengklik pada ad widget yang diletakan di situs yang anda miliki. Untuk para affiliate, WidgetBucksmemberikan komisi kepada kita sebagai affiliate sebesar 10% (selama 12 bulan pertama) dari pendapatan yang diperoleh oleh member yang kita ajak untuk bergabung di WidgetBucks.

Dengan inovasi contextual algorithm engine yang mereka namakan MerchSense™, sistem mereka akan menganalisa isi dari situs ataupun blog kita untuk menentukan produk-produk apa yang akan ditampilkan pada widget yang kita letakan pada situs kita, sehingga iklan yang ditampilkan akan sesuai ataupun mendekati dengan isi pembahasan yang ada di situs atau blog kita. Hal ini akan memberikan suatu nilai plus, dimana sistem WidgetBucksakan secara automatis mengevaluasi dan menampilkan iklan-iklan terbaik yang disesuaikan dengan isi situs kita. Iklan-iklan produk yang ditampilkan berasal dari 30,000 merchant termasuk dari merek-merek terkenal seperti Amazon, Target, Wal-Mart, Best Buy, New Egg, Macy’s dan Gap.

Bagi yang tertarik untuk menjadi anggota WidgetBucks, secara automatis anda akan diberikan bonus senilai $25 yang langsung masuk ke account WidgetBucks anda! Andapun dapat meletakan iklan disitus anda beserta iklan-iklan dari sponsor lainnya, seperti Adsense, Yahoo! Publisher Network Amazon, dan lain sebagainya. Nilai besaran pendapatan yang akan anda terima tergantung pada seberapa besar pengunjung yang datang (traffic) ke situs anda dan kualitas traffic yang anda miliki (misalnya pengunjung dari negara US, UK, Canada memiliki kualitas traffic yang lebih tinggi dibandingkan traffic yang berasal dari negara Asia). Besaran pendapatan yang dapat anda peroleh sekitar $3-6 CPM (cost per thousand impressions) dengan syarat kualitas traffic sesuai standard yang ditentukan oleh pihak WidgetBucks.com

Hal-hal yang perlu diPERHATIKAN sebelum anda mendaftarkan diri sebagai anggota WidgetBucks.com :

  1. Hanya situs-situs berbahasa Inggris yang diperkenankan ikut serta dalam programWidgetBucks.com . Pada tanggal 25 Oktober 2007, WidgetBucks meng Update Policy terkait dengan situs-situs yang memiliki konten diluar dari bahasa inggris (dapat dilihat di http://widgetbucks.blogspot.com/2007/10/widgetbucks-updates-policy-on-non.html ). Dimana pada intinya setelah mereka mengevaluasi mengenai impression, klik dan konversi data selama 3(tiga) minggu terakhir .. mereka mengatakan bahwa situs-situs non-English mengirim traffic yang rendah nilai konversinya, hal ini dipengaruhi oleh merchant dan advertiser yang mereka pakai berlokasi di U.S. sehingga sudah menjadi tanggung jawab dari WidgetBucks untuk mengirim traffic yang berkualitas yang dapat di konversikan menjadi transaksi. Terkait mengenai hal tersebut, WidgetBucks.com meng-Update aturan main (Policy) mereka bahwa mereka TIDAK AKAN MENERIMA dan TIDAK MENYETUJUI situs-situs yang memakai bahasa diluar bahasa Inggris.
  2. DILARANG memasang atau meletakan kode WidgetBucks dan ditampilkan pada halaman-halaman seperti “Pop-ups”, “Pop-unders”, “error page”, “Registration” , “Thank You page” atau pada e-Mail.
  3. DILARANG memasang atau meletakan kode WidgetBucks pada halaman atau situs yang sengaja di desain sedemikian rupa yang tujuannya hanya untuk menampilkan iklan saja, baik situs atau halaman itu terkait atau tidaknya dengan iklan.
Aturan-aturan lainnya dapat anda lihat lebih lengkap di http://www.widgetbucks.com/terms.page

Berikut ini panduan cara mendaftarkan diri anda sebagai anggota :

Widgetbucks

Kunjungi http://www.widgetbucks.com dan klik pada tulisan atau tombol Sign Up seperti tampak pada ilustrasi diatas (panah warna merah).

Widgetbucks

Isikan alamat email yang ingin anda gunakan untuk mendaftarkan diri di WidgetBucks dan masukan password anda, lalu klik pada tombol Sign Up Now seperti tampak pada ilustrasi diatas dan anda akan dibawa ke halaman seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini.
Widgetbucks

Dalam beberapa saat, anda akan menerima email yang meminta anda mengkonfirmasikan kebenaran dari alamat email yang anda masukan.

Widgetbucks

Cek email anda, anda akan menerima email seperti tampak pada ilustrasi diatas dan klik pada link yang terdapat pada email tersebut (panah warna merah) dan anda akan melihat halaman seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:

Widgetbucks

Untuk menyelesaikan proses pendaftaran tersebut, anda diminta untuk mengisi informasi lebih lengkap, termasuk alamat anda. Klik pada MySetting (panah warna biru) dan anda akan melihat halaman seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini :

Widgetbucks

Pilih negara (Country) yaitu Indonesia bila anda tinggal di Indonesia serta lengkapi seperti alamat anda (address), kota (city), daerah (State/Province), dan kode pos (Zip/Postal Code) seperti tampak pada ilustrasi diatas. UntukLocation, pilih Other apabila anda tidak berlokasi di United States dan untuk cara pembayaran (Payment Method) disini ada 2 (dua) pilihan, dimana anda dapat memilih untuk dibayar melalui check atau Paypal. Apabila anda memilih untuk dibayar melalui Paypal, tick pada lingkaran Paypal dan masukan alamat email paypal anda seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:
Widgetbucks

Apabila anda telah selesai, klik pada tombol Update dan anda akan melihat status “Settings updated” seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:

Selamat! Anda telah menyelesaikan proses pendaftaran sebagai anggota WidgetBucks.com !

Langkah berikutnya, klik pada menu “New Widget” untuk mendapatkan code script yang dapat diletakan pada situs atau blog anda dan anda akan dibawa kehalaman seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini :

Pada bagian “1. Choose a name for your widget“, masukan nama untuk mengidentifikasikan atau sebagai tracking untuk code yang diletakan di situs/blog anda, misalnya NamaWidget01 atau NamaSitusAnda.com , kemudian pada bagian “2. Tell us where you’ll be placing your widget:“, masukan alamat situs/blog anda, dimana code script tersebut akan anda letakan … misalnya http://www.namasitus.com atau http://blogku.blogspot.com . Dan pada bagian “3. Choose a size for your widget:” disini anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan design situs anda. Ukuran yang disediakan adalah sebagai berikut :

Widgetbucks

Kemudian pilih warna yang anda sukai pada bagian “4. Choose a color for your widget:” seperti tampak pada ilustrasi diatas dan pada bagian “Preview Your Widget” .. anda akan dapat melihat preview tampilan seperti apa design contextual ads/iklan yang akan ditampilkan, seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:

Widgetbucks

Pada bagian “5. Tell us how to choose products for your widget:” , WidgetBucks memberi 2 pilihan .. yang pertama yaitu “MerchSense crawls your page and find relevant products to include in your widget“, dimana bila anda memilih fungsi tersebut .. maka secara automatis sistem WidgetBucks akan menampilkan iklan-iklan yang sesuai atau mendekati dengan isi dari situs anda. Pilihan kedua yaitu “You choose a category of products. (e.g. Books -> Non-Fiction)“, dimana dengan milih bagian ini .. anda diminta untuk memilih secara spesifikasi untuk iklan produk jenis apa yang ingin ditampilkan di situs/blog anda seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:

Widgetbucks

Berikut ini tabel lengkap mengenai Topik dan Kategori yang tersedia :


Tips : Anda dapat membuat blog yang membahas misalnya mengenai Car Video Players di Blogger.com dan menjadikan kategori tersebut sebagai nama blog anda misalnya http://car-video-players.blogspot.com dan memilih iklan dari WidgetBucks yang sesuai dengan memilih topik “Cars” dengan kategori “Car Video Players“. Dengan membuat blog yang membahas mengenai Car Video Players serta memasang iklan interaktif dariWidgetBucks.com yang sesuai topik bahasan tersebut, maka nilai per klik yang anda dapatkan akan menjadi tinggi. Hal ini dapat terjadi dengan asumsi apabila pengunjung yang datang ke situs anda dan meng klik pada iklan tersebut .. benar-benar ingin mencari informasi mengenai Car Video Players dan pengunjung tersebut berasal dari negara-negara seperti US, UK, Canada dan negara-negara besar lainnya. Dengan demikian kemungkinan pengunjung setelah mengklik iklan tersebut, akan membeli produk yang ditawarkan lewat WidgetBucks.com danWidgetBucks.com mendapatkan keuntungan dari pengunjung yang membeli produk yang ditawarkan. Sebagai timbal balik WidgetBucks akan memberi nilai per klik yang lebih tinggi pada kita.

Widgetbucks

Setelah anda selesai dengan langkah diatas, klik tombol “Get code” seperti tampak pada ilustrasi diatas (panah merah) dan pada halaman tersebut (bagian “6. Update your widget code:“) akan muncul kode script yang dibutuhkan untuk diletakan pada situs atau blog anda seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:

Widgetbucks

Untuk meng Copy kode script tersebut, klik tombol “Copy HTML” seperti tampak pada ilustrasi diatas (panah warna merah) dan Paste kan kode tersebut pada situs atau blog anda. Kode HTML yang akan di copy paste kan semacam ilustrasi dibawah ini :

Widgetbucks

Apabila kelak anda ingin meng edit/update ataupun meng copy paste kode HTML untuk situs/blog anda, setelah anda login .. klik pada menu “My Widgets” dan anda akan melihat halaman seperti pada ilustrasi dibawah ini:

Widgetbucks

Dihalaman yang tampak pada ilustrasi diatas .. anda dapat melakukan pengeditan maupun mendelete widget ads yang telah anda buat sebelumnya. Untuk melakukan edit, klik pada link “edit” (panah atas bertuliskan no 1) ataupun meng klik pada link “delete” (panas atas bertuliskan no 2) seperti tampak pada ilustrasi di atas.

Untuk melihat berapa uang yang telah anda dapatkan dari WidgetBucks.com, klik pada menu “My Bucks” dan anda akan melihat halaman seperti tampak pada ilustrasi dibawah ini:

Widgetbucks

Jadwal pembayaran dari WidgetBucks adalah dalam waktu 45 hari setelah akhir bulan dengan syarat apabila pendapatan kita telah mencapai minimum $50. Sebagai contoh, apabila kita daftar sebagai anggota di bulan Oktober dan telah mencapai minimum pendapatan $50 .. maka kita akan menerima komisi tersebut dalam waktu 45 hari setelah tanggal 31 Oktober atau sekitar pertengah bulan Desember. Apabila anda memilih pembayaran memakai check maka tambahkan juga sekitar 30 hari kerja untuk mencairkan check tersebut di bank. Kami sarankan memilih pembayaran lewat Paypal dimana proses pencairan akan lebih cepat dibandingkan lewat check.

Widgetbucks

Bagian terakhir, bagi anda yang ingin memperkenalkan WidgetBucks.com kepada teman atau sanak keluarga atau pada pengunjung situs anda .. anda akan mendapatkan komisi sebesar 10% dari besaran pendapatan yang diperoleh oleh orang yang anda kenalkan tersebut, dimana komisi tersebut hanya berlaku pada 12 bulan pertama saja. Cara untuk mendapatkan link yang dapat anda promosikan lewat situs/blog anda maupun anda berikan pada teman atau sanak keluarga yaitu dengan mengklik “Referral Tools” pada menu yang ada di WidgetBucks.com dan anda tinggal memilih jenis iklan seperti apa yang anda ingin tampilkan atau berikan lalu mengklik tombol “Get Code” dan anda akan mendapatkan kode script untuk anda taruh di situs/blog anda maupun anda berikan link tersebut pada teman/sanak saudara yang ingin anda kenalkan untuk bergabung di WidgetBucks.com .


2 komentar:

ahmadmadara said...

Oke, don't forget to "berdo'a" before do it!!

Anonymous said...

Ada masalah pada saat copy code ke blognya ya jadi tidak tampil mungkin ada solusi??

Post a Comment

Jangan Lupa Komentar ya...